Sponsor

Info Tani

Menanam Anggur Dalam Pot Berbuah Cepat dan Lebat

Persiapan stek batang Anggur.
– Panjang setek sekitar 20 cm
Yang terdiri dari 2-3 ruas dan diambil dari pohon induk yg telah berusia diatas satu  tahun.
– Bentuknya bulat berkapasitas sekitar 1 cm
– Kulitnya berwarna cokelat belia dan cerah dengan tahap bawah kulit berwarna hijau, berair, dan leluasa dari noda-noda hitam
– Mata tunas yg sehat berkapasitas besar dan tampak padat, sedangkan mata tunas yg tidak sehat ukurannya kecil dan ujungnya tampak memutih semacam kapuk.
image
Menyemai Bibit Stek Anggur
– sediakan polybag sesuai jumlah bibit stek anggur
– Sediakan media tanam dari campuran Tanah + Trichokompos + Pasir dengan rasio 2 : 1: 1
– Masukan media tanam ke dalam polybag.
– Tancapkan stek batang anggur ke dalam polybag.
– Siram dengan larutan ( Trichoderma + Air + Hormon Organik )
– letakan ditempat teduh hinnga tumbuh tunas dan akar, jangan lupa menyiram setiap sore dengan air.
– Jika telah tumbuh 2 daun penuh, bibit stek anggur siap untuk dipindahkan ke celah tanam.
image
image
Penanaman
1.  Pertama-tama, masukkan seluruh media tanam berupa campuran tanah – pasir – pupuk Trichokompos(1:1:1) ke dalam pot hingga terisi penuh, diikuti dengan menanamkan bibit stek Anggur siap tanam yg telah disiapkan dibagian tengah-tengah pot. Dan siramlah hingga seluruh media dalam pot basah alias lembab.
2.  Kemudian, buatlah para-para dari kawat logam dengan tutorial membuatnya semacam jaring-jaring kotak melingkari segi pot. Kalian mampu curahkan segala kreatifitas membikin para-para di sini. Sesuaikan dengan selera Kalian saja.
3.  Lalu Trichoderma di sekeliling pot, supaya tidak ada janur yg menggangu pertumbuhan stek.
4. Setelah usia tanaman di dalam pot mencapai tidak lebih lebih 1 bulan, jadi berbagi pupuk urea alias NPK sebanding sebanyak 1 sendok makan yg dicampur air sekitar 1 liter. Kemudian disiramkan di sekeliling tanaman. Proses pemupukan ini dijadwalkan setiap 15 hari sekali.
b.  Ketika batang primer dan cabang-cabang sekunder telah melampaui tinggi para-para, jadi perbuat pemangkasan dengan memakai gunting potong tanaman. Lakukan dengan cara selalu saat tanaman dalam keadaan yg telah disebutkan tersebut.
Sementara untuk tahapan fertilisasi tanaman Anggur, telah mimin rangkum dalam ulasan di bawah ini:
Kapan mampu dibuahkan untuk pertama kali?
image
Umur 9 bulan, tanaman anggur dalam pot telah mampu dibuahkan untuk pertama kali. Namun akibat fertilisasi ini mampu berpengaruh tidak lebih baik kepada tanaman, sebab umurnya tetap terlalu belia dan kondisinya belum begitu kuat. Saat yg paling cocok ialah seusai tanaman berusia lebih dari satu tahun, supaya pertumbuhan akar, cabang, ranting dan daunnya berkembang lebih sempurna, jadi tanaman tumbuh lebih kuat dan kondisinya memadai untuk berbuah.Seandainya belum hingga setahun tanaman telah mengeluarkan bunga dan berbuah, bunga dan buah itu dipetik saja sebelum terlanjur berkembang besar. Dengan demikian zat makanan dalam tubuh tanaman mampu dimanfaatkan sepenuhnya untuk pertumbuhan vegetatif berikutnya.
Cara Pembuahan
Tanaman anggur dalam pot mampu dibuahkan dua kali setahun. Bisa juga tanaman itu dibuahkan tiga kali setahun, tetapi akibatnya pertumbuhan tanaman mampu tidak sehat nantinya.
Tanaman anggur yg telah lumayan dewasa mampu berbuntut dengan baik jikalau cabangnya dipangkas dan daun-daunnya dirompes. Semua cabang sekunder dipangkas dan semua daunnya di rompes habis memakai gunting, jadi akhirnya hanya tampat batang pokok, cabang-cabang primer dan cabang-cabang sekunder yg berbentuk pendek-pendek semacam taji. Tanaman anggur itu tampak gundul tidak berdaun. Dari cabang sekunder yg terpangkas itulah nantinya akan tumbuh tunas baru, yg akhirnya akan membesar jadi cabang tertier.
Dua minggu seusai pemangkasan dan perompesan, akan tumbuh ranting baru yg berdaun dan bersulur. Sulurnya itu umumnya tumbuh dekat mata tangkai daun yg ketiga, keempat dan kelima. Peliharalah satu sulur yg terbesar dan sehat pertumbuhannya. Dari ranting yg bersulur inilah akan tumbuh malai bunga, yg nantinya akan menjelma buah.
Pemangkasan untuk mengatur pertumbuhan
Pertumbuhan daun yg baik ialah mengambarkan bahwa akar juga berkembang dengan baik. Tanaman anggur dalam pot itu dibiarkan dulu tumbuh hingga berusia di atas 6 bulan. Penanganan yg kita kerjakan ialah mengatur pertumbuhan tanaman untuk dasar pembentukan tanaman nantinya, khususnya pembentukan batang pokok, cabang primer dan sekunder. Pembentukan itu dilakukan dengan mengarahkan dan merambatkan cabang tanaman pada rambatan yg telah disediakan.
Kalau nyatanya hingga umur 6 bulan pertumbuhannya keren (cepat besar dan rimbun), pemangkasan pertama untuk membangun bentuk tanaman boleh segera dikerjakan. Akan tetapi jikalau pertumbuhan tanaman tetap tidak lebih baik, perlakuan pemangkasan bentuk itu sebaiknya ditunda. Diupayakan supaya pertumbuhan tanaman itu menjadi baik dahulu. Kalau nekad dipangkas, tanaman mampu shock dan terhenti pertumbuhannya. Tanaman yg tumbuh baik ditandai dengan banyaknya percabangan pada batang. Batang dan cabang tampak kokoh, daun-daunnya rimbun menghijau.
Pemangkasan pertama lazim disebut pemangkasan bentuk. Pemangkasan itu berguna untuk mengatur pertumbuhan tanaman, supaya bentuk pohonnya sesuai dengan selera kita. Untuk memperoleh pertumbuhan vegetatif yg subur, cabang alias ranting yg dipangkas ialah yg berada di atas mata tunas yg berbentuk runcing. Pemangkasan kedua dan selanjutnya disebut pemangkasan perawatan. Pemangkasan perawatan berfungsi supaya tanaman mampu cepat berbunga dan berbuah. Cabang alias ranting yg dipangkas ialah cabang di atas mata tunas yg berbentuk bulat alias tumpul. Pemangkasan perawatan ini juga berfungsi untuk mempertahankan bentuk tanaman yg dikehendaki hingga tidak jarang juga disebut pemangkasan bentuk. Dengan pemangkasan itu sirkulasi udara di sekitar tubuh tanaman lancar, sinar matahari yg diterima tanaman cukup, jadi lebih merangsang pertumbuhan selanjutnya.
Pemeliharaan Buah
Tanaman anggur dalam pot yg telah berbunga alias berbuntut kecil-kecil jangan hingga terkena siraman hujan, lebih-lebih jikalau hujannya turun lebat. Siraman air hujan itu mampu membikin bunga rusak alias buahnya rontok. Amankan dulu tanaman anggur dalam pot itu di kawasan teduh, jikalau hujan yg bakal turun diperkirakan deras dan lebat. Setelah hujan berlalu, tanaman dalam pot mampu diangkat kembali dan ditaruh di kawasan semula.
Agar butiran buah dalam dompolan itu besar-besar dan seragam ukurannya, sewaktu buah tetap kecil dijarangkan. Sisakan dalam satu dompolan 40 – 50% dari jumlah butiran asalnya. Penjarangan itu dilakukan saat butiran buah sebesar biji kedelai, yaitu sekitar umur 1,5 bulan semenjak tanaman dirompes dan dipangkas. Penjarangan buah yg kedua dilakukan settelah butirannya sebesar biji jagung, yaitu sebulan kemudian seusai penjarangan pertama. Penjarangan kedua itu sifatnya hanya sebagai kontrol saja, jadi jikalau dianggap butuh membuang butiran buah yg tumbuhnya tidak normal, kecil, tidak tepat bentuknya dan busuk.
Buah yg telah mulai tua wajib dijaga dari gangguan hama semacam kelelawar, ayam, tikus dan juga anak-anak nakal yg ingin memperoleh buah anggur itu untuk dimakan. Mengamankannya mampu dibungkus kertas semen, surat kabar alias plastik warna merah. Pembungkusan dilakukan seusai 10% dari butiran buah dalam satu dompolan terkesan matang. Pojok bingkisan ada celah hawanya untuk pertukaran udara. Buah anggur dianggap masak pohon dan siap petik jikalau umurnya telah 105 – 110 hari semenjak tanaman dirompes, alias 90 hari semenjak bunganya mekar. Buah yg telah matang ditandai dengan adanya lapisan lilin alias pupur putih pada kulit buahnya, dan muncul bau khas buah anggur. Warna kulit buah anggur yg telah matang ada yg kehitam-hitaman, merah kehitaman, kuning transparan alias kuning kehijauan, bergantung pada varietas anggur yg ditanam. Buah anggur yg dipetik tapat pada waktunya, rasanya manis segar, sebab telah matang betul. Dalam satu pot tanaman anggur Vitis labrusca varietas Delaware mampu dipetik sekitar 15 dompol (2,5 kg) buah pada pemetikan pertama, jikalau tanaman itu sangatlah dibuahkan seusai umurnya lebih dari satu tahun.
Mencegah Hama dan Penyakit Tanaman
Tanaman anggur dalam pot juga memperlukan perlindungan dari ancaman hama dan penyakit, supaya pertumbuhannya berjalan normal dan sehat. Hama yg tidak jarang mengancam tanaman itu ialah belalang, ulat daun dan kumbang. Semua serangga itu merusak tanaman dengan menggerek dan memakan daunnya. Sedangkan penyakitnya ialah penyakit jamur putih alias downymildew dan jamur kuning phakopshora vitis, jikalau udaranya terlalu lembap.
Serangan hama dan penyakit itu mampu dicegah, jikalau perhatian kita kepada kesehatan tanaman lumayan baik. Serangan Jamur mampu diatasi dengan menyemprotkan Trichoderma (2 sendok makan per liter air), dan untuk agresi hama gunakan ramuan pestisida nabati.
Ilustrasi Design untuk kalian :
image
image
Mohon berbagi ya 😉 di Facebook, twitter, dsb. Thank’s

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menanam Anggur Dalam Pot Berbuah Cepat dan Lebat"

Post a Comment